Kementrian Pariwisata : Wujudkan Nawacita Melalui Desa Wisata

 

POPULERNEWS.COM Kementerian Pariwisata merealisasikan program nawa cita melalui desa wisata.dengan mengadakan pelatihan desa wisata, yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, di Desa Sri Jaya, Bekasi, Rabu 18/7/19.

Kegiatan pelatihan desa wisata dengan tema “Kegiatan Pengembangan Desa Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa Wisata” yaitu dengan melakukan program pengembangan desa wisata berbasis pendampingan sebagai bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sebagai pionir desa wisata, Desa Srijaya terletak di Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat. Desa Srijaya memiliki makanan khas seperti Gabus Pucung, Pokdarwis, dan potensi fasilitas pariwisata seperti Saung Golok, yang saat ini Desa Srijaya untuk menjadi desa wisata masih dalam tahap rintisan, sehingga diperlukan pendampingan agar dapat berkembang.

Baca juga : Pemkab Lampung Tengah Berencana Bangun Area Agrowisata Buah Di Terusan Nunyai

Baca juga : ARBI Sukses Gelar Konser Nasyid dan Sholawat Bertajuk Menjalin Kerukunan Bangsa

Pendampingan yang dilakukan oleh BSI di Desa Srijaya, yaitu pendampingan mengenai sadar wisata oleh Bpk.Taufik Badawi, M.kom., pendampingan materi kuliner oleh Ibu Titik Misriati, M.Kom., pendampingan materi Pramuwisata oleh Eka Dyah Setyawati, SE. MM., 

Sebagai inforormasi, desa wisata memiliki tujuan dan target yaitu : Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, menjadi contoh desa wisata, dan menarik wisatawan asing.

Senada seperti yang disampaikan oleh Dra. Ambar Rukmi, M.Pd., selaku Kabid Asdep pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga kementrian Pariwisata.

“Dalam merealisasikan program nawa cita  Menteri Pariwisata menginstruksikan untuk membangun desa wisata,target pencapaian adalah 2000 desa wisata, dan langkah awal Desa Srijaya ini akan benar-benar menjadi desa wisata yang kita harapkan menjadi pemula atau rintisan, mudah-mudahan bisa mengalahkan yang lain nantinya, jangan lama-lama 1/2 tahun ini menjadi rintisan saja, berikutnya harus sudah berkembang, artinya berkembang itu bukan hanya yang ada di rintisan ini dan sekitarnya, tetapi lebih banyak lagi yang kita harapkan muncul hal positif, dengan cara ini sebenarnya sudah lama di Instruksikan dari Kementerian Pariwisata, yaitu Menteri Pariwisata ingin membangun Wisata dari pinggiran”

Dengan adanya desa wisata itu yang dapat di ambil dari masyarakat dan untuk masyarakat adalah ekonomi, sehingga bisa menghidupi masyarakat di desa Srijaya itu sendiri.

Masih menurut Ambar Rukmi, tidak hanya ekonomi harapan kita juga masyarakat desa Srijaya tidak hanya bersekolah sampai di SMA atau di Perguruan Tinggi, tetapi juga bisa menghasilkan dengan berwirausaha, dengan begitu dapat penghasilan dan membuka lapangan kerja” tegasnya. Prm/pnc.

 

Pewarta : Tri.W.

Editor : Pramono

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply