Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dan Sinergi Nawacita Indonesia (SNCI) Kerjasama Tangani Sungai Ciliwung

 

POPULERNEWS.COM Jakarta – Gerakan Ciliwung Bersih atau GCB adalah suatu wadah kegiatan yang bertujuan menjaga, dan Memelihara sungai Ciliwung, dari mulai hulu, hingga hilir, dengan segala ekosistem dan segala habitatnya. Gerakan Ciliwung Bersih atau GCB yang diketuai oleh Ir Peni Susanti, Dip.Est ini, juga menjadi pilot project bagi pelestarian sungai, juga lingkungan disekitar nya.

Menurut Ir Peni, dalam kegiatannya GCB juga bekerja sama dengan berbagai komunitas yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam melestarikan sungai Ciliwung. Di setiap tahunnya, GCB senantiasa memperingati hari Ciliwung yang jatuh setiap tanggal 11, di bulan 11 atau bulan November.

Lebih lanjut Ir Peni menjelaskan, sungai Ciliwung sudah semakin baik kualitas airnya, ini ditandai dengan ditemukannya Bulus Raksasa (Chitra-Chitra Javanensis) yang menjadi endemik langka sungai Ciliwung. Chitra chitra javanensis di Indonesia dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 dan masuk kategori “terancam punah” menurut International Union Co.

Untuk peringatan sungai Ciliwung tahun ini, GCB bekerja sama dengan SNCI (Sinergi Nawacita Indonesia) yang diketuai oleh Dr.RM. Suryo Atmanto, MBA. MRE.

Ketum SNCI dan GCB Saat MoU

Ketum SNCI dan GCB Saat MoU

Hadir pula pada kesempatan peringatan ini, walikota Jakarta Pusat, Kementerian KLH, Kementerian PUPR, PT.PAM, PT. Palvia dan Komunitas-Komunitas Ciliwung bersih.

Perayaan hari Ciliwung tanggal 11-11-2018 sudah dilaksanakan di JEPANG oleh GCB beserta komunitas Ciliwung lainnya, bersama Eco Museum TAMAGAWA ,dan Komunitas Osoji Club, namun pada tanggal 25-11-2018, GCB melaksanakan kembali peringatan hari Ciliwung di Rumah Bersama Ciliwung, di jalan Penjernihan No.1.

Berbagai kegiatan dilaksanakan, antara lain : Launching Sahabat Sungai GCB, panen sayuran Hydropinik, susur sungai, pameran karya komunitas, demo teknologi penjernihan air, demo Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan lain-lain. Terang Ir Peni.

Susur Sungai Ciliwung

Susur Sungai Ciliwung

Ketum SNCI Suryo Atmanto menjelaskan, dalam kerjasamanya dengan SNCI, GCB melakukan penanda tanganan MoU, adapun berbagai kesepakatan berisi kegiatan yang dijalankan secara bersama oleh SNCI dan GCB antara lain:

  1. Berperan aktif dalam menyusun dan/atau merevisi master plan untuk penanganan Sungai Ciliwung mulai dari hulu hingga hilir bersama-sama dengan Kementrian / Lembaga dan pihak-pihak terkait.
  1. Melakukan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kepedulian dan aksi masyarakat dalam menanggulangi permasalahan Sungai Ciliwung.
  1. Melakukan kerjasama dengan Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD, Pemerintah Pusat /Daerah, Perguruan Tinggi dan para pengusaha menuju Ciliwung Bersih.
  1. Menjadikan Sungai Ciliwung sebagai pilot project untuk penanganan sungai-sungai di seluruh Indonesia.

Lebih jauh ketua umum SNCI, Suryo Atmanto menjelaskan bahwa butir-butir kesepakatan kerjasama antara SNCI dan GCB akan segera ditindaklanjuti dan dilangsungkan secara bertahap dan kontinyu. Tegasnya.

Hal ini penting untuk menjaga kelestarian sungai Ciliwung dan juga agar dapat terpantau perkembangannya, sehingga kita dapat pastikan dikemudian hari sungai Ciliwung akan semakin bersih.

Penandatanganan MoU

Penandatanganan MoU

Masih menurut Suryo Atmanto, perkembangan sungai Ciliwung saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya,namun kita akan berupaya sekuat tenaga, agar ekosistem dan segala habitat terkait sungai Ciliwung dapat kembali seperti sediakala.

Memang hal ini bukan hal yang mudah tetapi bukan berarti tidak bisa ,kita akan terus bekerja sama termasuk dengan berbagai unsur baik itu dari Komunitas maupun swasta dan pemerintah,baik pusat maupun daerah. Sehingga mudah mudahan langkah yang diambil oleh SNCI dan GCB ini dapat terus ditingkatkan. tegas Suryo Atmanto. (pram/pnc).

 

Editor : Sri.P

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply