Enam Organisasi Relawan Jokowi Ma’ruf Amin, Sepakat Membentuk Sekretariat Bersama Relawan Nasional

Ketum Koper Jomin Saat Serahkan SK Pengurus Wilayah

 

POPULERNEWS.COM Jakarta – Setelah melakukan deklarasi bersama relawan nasional pada 22 Nopember 2018 lalu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, guna mensinergikan program kerja dan strategi bersama, dan memaksimalkan kerja tim relawan, 6 organisasi relawan sepakat membentuk sekretariat bersama relawan nasional.

Menurut Ayep Zaki (Ketum Koper Jomin), 6 organisasi ini intensif melakukan pertemuan, dan rapat bersama tersebut telah menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam visi dan misi bersama relawan nasional yaitu:

Baca juga : Lima Organisasi Relawan Jokowi Ma’ruf Amin, Gelar Rapat Persiapan Rakernas Bersama Relawan

Baca juga : Dokumentasi Berita Deklarasi Bersama Relawan Koper Jomin

Adapun Visi bersama yang disepakati adalah; “Menjadi Relawan Nasional Pemenangan Jokowi Ma’ruf Amin, yang bekerja nyata menumbuhkan ekonomi keumatan mandiri, yang berkeadilan berlandaskan Pancasila”.

Visi tersebut dijabarkan dalam 10 point sebagai misi bersama, yaitu :

  1. Mendekatkan rakyat kepada pasangan Jokowi Ma’ruf Amin berikut dengan segala program kesejahteraanya.
  2. Membangun, memberdayakan, dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
  3. Meningkatkan kesejahteraan para petani menuju kedaulatan pangan nasional sesuai marwah nawacita.
  4. Membangun ekosistem Bisnis pertanian yang menguntungkan para petani yang melibatkan lembaga keuangan dan lembaga terkait lainnya.
  5. Membina kewirausahaan anak anak yatim dan/atau Yatim Piatu.
  6. Memberdayakan ekonomi pondok Pesantren yang mandiri melalui jaringan kerja yang sistematis.
  7. Meningkatkan kualitas pendidikan non formal dengan lulusan yang berjiwa enterpreunership
  8. Menumbuhkan semangat generasi muda untuk berperikehidupan berbangsa dan bernegara yang bermentalkan Pancasila.
  9. Memupuk kesadaran para relawan dengan seluruh relasinya untuk terus mencintai dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Mempererat jalinan tali silaturahmi antar relawan dan kerja sama yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi kemaslahatan ummat.
Ketum Koper Jomin, H.Ayep Zaki, Bersama Ketum Organ Relawan Lain Saat Con.Pers.

Ketum Koper Jomin, H.Ayep Zaki, Bersama Ketum Organ Relawan Lain Saat Con.Pers.

Lebih lanjut menurut Ayep Zaki, Koper Jomin sebelumnya telah fokus pada pengembangan, dan pemberdayaan, serta pembinaan dan peningkatan, pendapatan ekonomi masyarakat, terutama para petani, peternak, pedagang kecil, UMKM, dan koperasi.

Adapun sebagai program unggulan dari Koper Jomin adalah, meletakkan target tercapainya “ketahanan dan kedaulatan pangan di Indonesia”, dengan langkah yang telah di ambil, adalah berupa sosialisasi dan penerapan teknologi nutrisi esensial pada para petani, dimana teknologi ini telah terbukti mampu mendongkrak hasil panen yang mencapai rata-rata di atas 50 persen. Terang Aa Zaki.

Sementara itu, Ketum Ekopontren Mandiri JM, KH. Dr Abun Bunyamin menyampaikan, bahwa timnya lebih fokus pada pengembangan ekonomi pesantren. Ekopontren Mandiri JM menargetkan terbentuknya 1000 Ekopontren Mart, yang akan dibangun di setiap pesantren dengan maksud pemberdayaan para santri, dan pengurus pesantren, dalam peningkatan dan penataan ekonomi yang berskala mikro, dilingkungan pesantren.

Organisasi berikutnya adalah Kuber Joma  dengan Ketum KH. Ir. Jhon Dien TA SH MPd, menyampaikan, bahwa Kuber Joma lebih menekankan terbentuknya berbagai skill expert masyarakat, dengan pola pembangunan dan pembentukan lembaga pendidikan, kursus-kursus, yang diharapkan mampu melahirkan generasi muda, atau para entrepreneur baru, dalam berbisnis di berbagai bidang.

Pada kesempatan yang sama, ketua umum YAKHIN, Buya Herdy Khoeri Hananiri S.Ag. menyampaikan, bahwa YAKHIN memiliki banyak pesantren dan siap membantu relawan yang lain, seperti (Koper Jomin, Ekopontren Mandiri JM, Kuber Joma, NKRI Pacasila, dan Barata NKRI), secara profesional dalam pemenangan Jokowi Ma’ruf Amin.

Gayung bersambut, demikian pula organisasi relawan NKRI Pancasila dengan ketum nya Oktavian Bunta Tuah Tarigan, SH. dan BARATA NKRI dengan ketum RA. Pingkan Hayuning Tyas Partodihardjo A.Md. akan lebih mengedepankan program dan kerja nyata, menghindari hoaks, menepis issue-issue yang berbau sara dan membangun semangat Bhineka Tunggal Ika, dalam NKRI berdasar Pancasila dan UUD 1945. (tri.w/pnc).

 

Editor : Sri P

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply