Hadiri Seren Taun Di Kasepuhan Cipta Mulya, FKDB Jabar Sepakat Melakukan Demplot Pertanian

fkdb dan kasepuhan cipta mulya

fkdb dan kasepuhan cipta mulya

POPULERNEWS.COM Kunjungan team FKDB Jabar ke Kasepuhan Cipta Mulya di Cibongbong Desa Sirna Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi adalah tindak lanjut dari amanat ketua umum FKDB dan pembina YPPDB yaitu H.Ayep Zaki atau yang akrab dengan sapaan Aa Zaki. Kunjungan atau silaturahmi yang bertepatan dengan acara seren taun tersebut, FKDB Jabar dipimpin oleh Zaenal Muttaqin, bersama team kerja FKDB bursatani. Dalam pertemuan itu ketua adat kasepuhan Cipta Mulya yaitu Abah Hendri memasangkan ikat kepala kepada perwakilan FKDB JABAR yaitu pada Bapak Zaenal Muttaqin sebagai lambang persaudaraan dan perikatan hubungan baik antara kasepuhan cipta Mulya dengan FKDB.

Dalam kesempatan itu FKDB dan kasepuhan cipta Mulya sepakat untuk segera melakukan demplot pertanian dilahan sekitar kasepuhan cipta Mulya. Tawaran dari FKDB BURSA TANI yang berupa penerapan teknologi nutrisi esensial sangat diterima baik oleh ketua adat yaitu Abah Hendri. Menurut Abah Hendri apa yang ditawarkan oleh FKDB BURSA TANI ini sangat sesuai dengan pola pertanian di kasepuhan cipta Mulya yang menjunjung tinggi pemeliharaan alam dan lahan pertanian.

Peningkatan produktivitas pertanian menjadi satu pemahaman bersama antara kasepuhan cipta Mulya dengan FKDB Jabar. Dan dalam kesempatan tersebut bapak Zaenal Muttaqin mewakili ketua umum FKDB dan pembina YPPDB bapak H.Ayep Zaki . bahwa kesepakatan ini akan segera ditindaklanjuti secepatnya mengingat pentingnya mengejar target peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di lingkungan kasepuhan cipta Mulya yang secara otomatis akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan di daerah sukabumi jawabarat.

fkdb dan kasepuhan cipta mulya

fkdb dan kasepuhan cipta mulya

Kasepuhan cipta Mulya berada di Cibongbong Desa sinar resmi kecamatan Cisolok kabupaten Sukabumi Jawa barat.kasepuhan cipta Mulya adalah komunitas adat suku Sunda yang masih memelihara kebiasaan atau tradisi yang diwariskan oleh leluhur mereka yang secara turun temurun.kkmuniyas ini adalah satu kaum yang tergolong masyarakat yang lembut dan santun dan sikap tolong menolong serta gotong royong menjadi ciri khas interaksi sosial mereka. Dan terhadap para pendatang yang ikut tinggal dilingkungan mereka ,mereka sangat bersahaja dan hormat selama para pendatang menghormati segala aturan yang berlaku dalam kebudayaan dan peradaban mereka.

Dari segala bentuk keseharian mereka ,ada satu tradisi yang sangat terkenal yaitu acara setan taun, yaitu suatu acara yang dilakukan setahun sekali sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap hasil panen dan segala kegiatan khususnya kegiatan pertanian terutama pertania tanaman padi.seren taun mereka maknai juga sebagai acara tutup tahun atau pesta tahun .dalam kesempatan itu mereka membawa hasil panen terutama padi untuk kemudian di simpan di lumbung padi yang mereka namakan LEUIT..

Dalam kesempatan. Silaturahmi tersebut Abah Hendri menyampaikan harapannya agar FKDB dengan team bursa tani bisa bekerja sama dan bahu membahu untuk meningkatkan hasil pertanian mereka, baik yang berupa tanaman padi maupun sayuran dan tanaman keras. Lebih lanjut Abah Hendri berharap agar kerjasama ini bisa terus menerus dilakukan mengingat adanya kesamaan dalam penerapan pola pertanian yang berbasis pemeliharaan dan pelestarian alam.

 

pewarta: yuni vera

editor : pramono

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply