FKDB Bursatani Bersama Pemda Solok, Terapkan Teknologi Nutrisi Esensial di 14 Kecamatan

Demplot Kentang di Solok

POPULERNEWS.COM Solok- FKDB Bursatani bersama Pemerintah Daerah Solok melakukan kerjasama dalam demplot penerapan teknologi nutrisi esensial pada tanaman di 14 Kecamatan di Kabupaten Solok Sumatra Barat.

“Sekali layar terkembang surut kita berpantang” demikian kiranya ungkapan yang layak disematkan pada kegiatan dan kerja FKDB dengan bursatani sebagai ujung tombak pembinaan, penyuluhan, serta pendampingan kepada para petani di Indonesia.

Setelah sukses melakukan demplot pertanian di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, kini FKDB bursatani seakan berpacu dengan waktu dan tak kenal lelah terus kerja, mengembangkan kiprahnya membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Tercapainya kesepakatan kerja antara FKDB Bursatani dengan Pemda Solok Sumatera Barat pada tanggal 20 September 2018, dimana pada kerjasama tersebut Pemda Solok meminta FKDB Bursatani untuk memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para petani di 14 Kecamatan dalam ruang lingkup Wilayah Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Hal ini tentu merupakan wujud nyata dan keseriusan FKDB bursatani yang dipimpin Ayep Zaki atau Aa Zaki dalam komitmen membantu Pemerintahan Joko Widodo guna peningkatan produktivitas masyarakat, sehingga masyarakat lebih sejahtera.

Dalam kerjasama ini ketua umum FKDB dan sekaligus pembina YPPDB, H.Ayep Zaki atau Aa Zaki mengistruksikan team work FKDB Bursatani tidak berlama-lama, dan segera melakukan action dalam menerapkan teknologi nutrisi esensial yang sudah terbukti berhasil meningkatkan pendapatan para petani.

Ketum FKDB H. Ayep Zaki

Ketum FKDB H. Ayep Zaki

Pendampingan itu dimaksudkan  untuk peningkatan produksi hasil pertanian. project pendampingan dan penyuluhan telah dilakukan di Solok ini dengan varitas pada tanaman kentang, tepatnya di Jorong Gurah Nagari Batu Balanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Tidak hanya di Nagari itu saja, di Wilayah Nagari lainnya pun penetapan teknologi nutrisi esensial terus dilakukan. Seperti pemupukan dasar menggunakan saputra powder untuk tanaman bawang putih di ladang pak Zulfikar, Jorong Gurah, Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya.

Dalam kesempatan pertemuan dengan dinas BPPP (Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan)  Kecamatan Batu Bajanjang  Kabupaten Solok, Lalan selaku penyuluh dari FKDB Bursatani menyampaikan bahwa dari pihak FKDB Bursatani sangat berterima kasih kepada Pemda Solok Sumatera Barat yang telah memberikan kepercayaan untuk memberikan bimbingan kepada para petani di daerah Solok Sumatera Barat.

Lebih jauh Aa Zaki menegaskan adalah suatu keharusan untuk sekiranya seluruh elemen bangsa terutama para petani untuk dapat meningkatkan pendapatan mereka sebagai salah satu unsur pokok guna meningkatkan kualitas IPM (indeks pembangunan manusia) Indonesia. Peningkatan pendapatan itu diperoleh dengan penerapan teknologi nutrisi esensial yang berhasil memotong atau memangkas besarnya biaya operasional dan juga terbukti dapat meningkatkan hasil pertanian seumumnya antara 25-40 persen. (pram/sri.p)

 

Editor: Tri Wahyuni

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply