FKDB Bursa Tani dan Pemda Kabupaten Sukabumi, Wujudkan 100 Ha Demplot Pertanian Sebagai Langkah Awal Program Kedaulatan Pangan

pemda sukabumi dan fkdb

 

POPULERNEWS.COM Jabar- FKDB Bursa Tani dan Pemda Kabupaten Sukabumi, menindaklanjuti kerjasama demplot pertanian di wilayah Kabupaten Sukabumi. Sebagai langkah awal dalam mewujudkan program kedaulatan pangan, disepakati adalah seluas 100 Ha demplot pertanian. Sukabumi, Rabu 31 Oktober 2018.

Semangat pemberdayaan dan pembangunan serta tatakelola pertanian di Kabupaten Sukabumi terus bergeliat.

FKDB Bursa Tani dan Pemda Kabupaten Sukabumi, sebagai penggerak dan motivator terhadap para petani, diberbagai Kecamatan di Sukabumi, kini mulai mengaplikasikan keunggulan-keunggulan teknologi pertanian, yaitu keunggulan teknologi nutrisi esensial Saputra.

Baca juga : FKDB Bursatani Sosialisasikan Teknologi Esensial Saputra Guna Kedaulatan Pangan Di Bumi Pancasila

Baca juga : FKDB Bursatani dan Pemda Sukabumi Siap Realisasikan Demplot Seluas 500 Hektar Di Tiga Kecamatan.

Penerapan teknologi nutrisi esensial ini adalah sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara FKDB Bursa Tani dan jajaran Pemda Kabupaten Sukabumi, yang dilaksanakan pada tanggal 19 September dikantor Dinas Koperasi Kabupaten Sukabumi.

Suasana Sosialisasi Tim FKDB Bursatani

Suasana Sosialisasi Tim FKDB Bursatani

Ketua tim penyuluhan FKDB Bursa Tani Zaenal Muttaqin, dalam laporannya kepada ketua umum FKDB dan pembina YPPDB H Ayep Zaki, menyampaikan bahwa pelaksanaan demplot pertanian di Kabupaten Sukabumi, sudah dimulai dibeberapa Kecamatan dengan luas lahan 100 hektar persawahan, dengan tanaman padi sebagai  prioritas tanamannya.

Hal-hal yang terkait administrasi, termasuk di dalamnya data-data para petani yang mengaplikasikan teknologi nutrisi esensial ini, telah dan sedang diproses.

Skala prioritas, sementara ini kegiatan dilakukan di daerah Kecamatan Waluran, Kecamatan Ciemas, Kecamatan Ciracap, Kecamatan Cicantayan, dan daerah Selatan Sukabumi lainnya.

fkdb ekpose

fkdb ekpose tani

Menanggapi laporan tersebut H Ayep Zaki atau yang akrab disapa Aa Zaki, sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Kabupaten Sukabumi, beserta seluruh jajarannya, dan juga kepada Asda 2, Dody Achadiat Somantri, yang telah berkenan memberikan kesempatan untuk audience dengan FKDB Bursa Tani, sehingga program penanaman dan penerapan teknologi nutrisi esensial Saputra ini dapat dilaksanakan.

Lebih lanjut H Ayep Zaki menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT dan terimakasih nya pada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, juga penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para petani, yang merupakan pejuang kedaulatan pangan di Kabupaten Sukabumi khususnya, dan Indonesia umumnya.

Program kedaulatan pangan di Kabupaten Sukabumi, diyakini akan segera bisa terwujud, paling tidak dalam 2 atau 3 tahun kedepan, hal ini didasarkan pada satu hasil yang optimal, yang diraih dari berbagai demplot pertanian, di daerah Sukabumi, Maluku, Sumatera, dan Daerah lain di Jawa Barat, dengan rata-rata peningkatan hasil panennya mencapai di atas 45 persen.

“Keyakinan saya, bahwa Kabupaten Sukabumi akan menjadi yang terdepan dalam kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan, di Indonesia”, demikian H Ayep Zaki menegaskan.

Tim FKDB Bursatani Zaenal Muttaqin menyampaikan, setelah penanaman dan demplot pertanian yang 100 hektar ini selesai, akan segera di realisasikan untuk aplikasi teknologi nutrisi esensial Saputra di 500 hektar lahan, pada tahap kedua, dan 1000 hektar pada tahap selanjutnya.

Harapannya, semoga berpadunya kerjasama antara FKDB Bursa Tani dan Pemda Kabupaten Sukabumi, membawa keberkahan dan kesejahteraan, serta kemakmuran bersama seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Sukabumi. tutup Zaenal Muttaqin. (mediaFKDB/pnc)

 

Editor : Sri.P & Pramono

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply