Bahana Ventura Dan Pegadaian, Bekerjasama Dengan PW. HPN Jabar dan FKDB Dalam Salurkan Kredit Ultra Mikro Pada Koperasi

 

POPULERNEWS.COM Bahana Ventura dan Pegadaian, menggandeng Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) dan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), dalam penyaluran kredit kepada Koperasi. Jawa Barat, 5 Nopember 2018.

Program pemberdayaan penyaluran kredit kepada masyarakat khususnya Koperasi, terus dilakukan oleh Pemerintahan Joko Widodo. Dalam kesempatan ini, Bahana Ventura dan Pegadaian yang ditunjuk Pemerintah, guna teknis penyaluran kredit tersebut.

Kredit yang diberi nama Kredit Ultra Mikro tersebut, dalam teknis pelaksanaannya, disalurkan melalui Koperasi.

Dalam pertemuan antara Bahana Ventura, Pegadaian, dengan pengurus HPN untuk membahas dan mensosialisasikan teknis penyaluran Kredit Ultra Mikro tersebut, yang dihadiri; Andi Maryanto (Tim Pokja Ekonomi PBNU), H. Asep Syaripudin (Ketua PW. HPN Jabar), dan H. Ayep Zaki (Ketua FKDB dan pembina HPN Jabar), serta para pengusaha HPN dan pengurus Koperasi Simpan Pinjam se-Jawa Barat.

Baca juga : Gelar Konferensi Cabang Pertama, HPN Garut Usung Tema “Ekonomi Syariah Solusi Kesejahteraan Umat”

Baca juga : FGD ke 3 Jabar, Bahas Ekonomi Umat Di Bapeda Jabar Bersama FKDB, HPN dan SNCI

Pada kesempatan tersebut, Andi Maryanto menyampaikan bahwa penyaluran Kredit Ultra Mikro ini, adalah wujud kepedulian Pemerintah pada masyarakat, khususnya kalangan pengusaha Nahdiyin, agar para pengusaha benar-benar memanfaatkan kesempatan yang baik ini.

Asep Syarifudin, (Ketua PW HPN Jabar) 1 dari kiri

Asep Syarifudin, (Ketua PW HPN Jabar) 1 dari kiri

Dalam sambutannya, Ketua PW. HPN Jawa Barat H. Asep Syaripudin menyatakan, HPN siap bekerjasama dengan Koperasi di bidang pendistribusian Pupuk, Oli, serta Sembilan Bahan Pokok  atau Sembako, dan lain-lain.

Lebih lanjut Asep Syaripudin yang juga Calon DPD RI No.40 utusan Jabar menyampaikan, mudah-mudahan penyaluran kredit kepada Koperasi khususnya, dan masyarakat pada umumnya, ini dapat memenuhi harapan semua pihak, terutama harapan Pemerintah.

Sementara itu Ketua FKDB yang juga pembina HPN H. Ayep Zaki menyampaikan, bahwa FKDB akan mendampingi Koperasi dalam pelaksanaan penyaluran Kredit Ultra Mikro, melalui Pegadai dan  Bahana Ventura.

Hal ini senada dengan yang disampaikan H. Asep Syaripudin, H. Ayep Zaki menegaskan bahwa program penyaluran kredit ini benar-benar membantu Koperasi dan masyarakat umumnya, terutama para petani dan para pedagang kecil, karena bunga yang dikenakan oleh Pemerintah  sangatlah kecil, yaitu hanya kurang dari 4 persen pertahun.

Masih menurut Ayep Zaki, dalam pelaksanaannya FKDB akan melakukan pengawasan, baik itu saat penyaluran, dan saat pengembalian kredit, karena program Pemerintah ini harus benar-benar berhasil, sebagai satu media untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Peserta Pertemuan di Ruang Seminar Kantor HPN Jabar

Peserta Pertemuan di Ruang Seminar Kantor HPN Jabar

Dalam pertemuan tersebut, ditandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Koperasi Palagan Makmur dan Koperasi KUHAWINDO.

Sebagai informasi, plafon kredit yang diberikan dikisaran 4 juta – 10 juta pernasabah, sebagai sumber Dana Kredit adalah dari alokasi sumber dana Pusat Investasi Pemerintah atau PIP Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Adapun pola penyaluran kredit adalah dengan Penyalur Langsung PNM dan melalui Pegadaian, sedangkan penyaluran tidak langsung atau linkade melalui Bahana Ventura.

Sebagai tindak lanjut kesepakatan pada pertemuan ini, saat ini sedang dilaksanakan oleh Pegadaian Pola Chanelling dengan koperasi-koperasi, dimana kreditnya langsung ke end-user, dan koperasi mendapatkan fee. (Sri.P/pnc)

 

Editor : Pramono

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply